PT. Infomedia Nusantara

Lowongan PT. Infomedia Nusantara

PT. Infomedia Nusantara, sebuah anak perusahaan dari PT. Telkom Indonesia, merupakan penyedia layanan jasa di bidang informasi dan telah bertransformasi menjadi mitra pilihan utama dalam Business Process Outsourcing (BPO) Digital. Infomedia berfokus pada penyediaan solusi Business Process Outsourcing (BPO) melalui dua portofolio bisnis inti: Customer Relationship Management (CRM) dan Shared Service Operation (SSO).

Awalnya didirikan pada tahun 1984 sebagai bagian dari PT Elnusa Yellowpages, perusahaan ini memulai dengan memproduksi buku direktori “Yellowpages”. Kemudian bertransformasi menjadi PT Infomedia Nusantara pada tahun 1995 ketika Telkom Indonesia bergabung. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, Infomedia terus berinovasi. Pada tahun 2002, perusahaan ini menginisiasi layanan Call Center. Di tahun 2010, portofolio perusahaan bertransformasi menjadi contact center operation services. Kemudian, di tahun 2014, Infomedia melakukan ekspansi bisnis secara vertikal, fokus pada penyediaan solusi industri CRM, Information Technology Outsourcing (ITO), Business Process Outsourcing (BPO), dan Knowledge Process Outsourcing (KPO).

Saat ini, Infomedia berupaya menjadi mitra BPO Digital pilihan utama untuk memajukan masyarakat, dengan visi untuk berkolaborasi mewujudkan bangsa digital yang lebih berdaya saing dan memberikan nilai tambah terbaik bagi para pemangku kepentingan. Perusahaan telah mengelola proses bisnis lebih dari 600 perusahaan dari berbagai segmen industri dan menguasai 53% pangsa pasar contact center di Indonesia, yang terus dikembangkan dengan mengadopsi teknologi digital terdepan. Infomedia juga terus melakukan terobosan dengan mengembangkan layanan Contact Center & Outsourcing serta Layanan Digital Media & Rich Content (DMRC). Di tahun 2021, perusahaan ini meluncurkan platform manajemen hubungan pelanggan dengan merek OmniX. Misi perusahaan mencakup menghadirkan solusi CRM menyeluruh dan terintegrasi untuk menciptakan pengalaman dan nilai bisnis terbaik bagi pelanggan, serta menghadirkan solusi SSO yang didukung teknologi terkini untuk mengelola proses back office pelanggan. Infomedia memiliki kantor layanan yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendukung kegiatan bisnisnya.

PT. Infomedia Nusantara sedang membuka kesempatan untuk bergabung di berbagai posisi:

1. Manager Enterprise Digitization

  • Persyaratan:

    • Pendidikan S1 Teknologi Informasi, Sistem Informasi, atau bidang terkait.

    • Pengalaman 5 tahun dalam pengelolaan sistem/aplikasi digital atau pengembangan produk IT.

    • Kompeten dalam Digital Product & Solution Design, Business & System Analyst, IT Integration, dan IT Blue Print & Architecture.

    • Memahami CRM dan Shared Service Operation (SSO).

    • Pengalaman dalam pengelolaan hardware, software, dan jaringan.

    • Mampu mengadopsi teknologi digital terkini untuk mendukung inovasi.

  • Deskripsi Pekerjaan:

    • Memimpin implementasi blueprint dan roadmap digitalisasi perusahaan, termasuk mengkoordinasikan analisis kebutuhan sistem, desain arsitektur, dan UI/UX produk digital.

    • Mengawasi proses development, testing, dan penyempurnaan sistem sesuai BRD, serta mengelola operasional sistem dan helpdesk sesuai SLA.

    • Melakukan monitoring terhadap implementasi roadmap dan performa sistem digital.

    • Memastikan keselarasan kebijakan dan strategi dengan unit terkait sambil bertindak sebagai Risk Owner dan memastikan penerapan GCG, ISO, dan K3.

2. Manager Enterprise Risk Management

  • Persyaratan:

    • Pendidikan S1 – Manajemen Risiko, Keuangan, Hukum.

    • Pengalaman minimal 5 tahun di Enterprise Risk Management, Governance, Compliance, atau bidang terkait.

    • Kompetensi dalam Enterprise Risk Management Framework (ISO 31000).

    • Pengalaman dalam RCSA Implementation, Risk Register Management, dan pemahaman Good Corporate Governance (GCG).

    • Pengalaman dengan digital risk dashboard atau aplikasi manajemen risiko, serta komitmen terhadap penerapan SMAP dan K3.

  • Deskripsi Pekerjaan:

    • Memimpin penyusunan dan pemantauan profil risiko perusahaan, termasuk pengidentifikasian, penilaian, dan mitigasi risiko di seluruh unit.

    • Mengelola Risk Control Self Assessment (RCSA), Risk Register, dan penerapan manajemen risiko sesuai GCG dan ISO 31000.

    • Memberikan insight bisnis kepada Direksi dan mengawasi penerapan manajemen risiko pada corporate action dan proyek strategis.

    • Mengembangkan digital risk management tools, serta bertanggung jawab atas pelaksanaan SMAP dan pembinaan tim.

3. Manager IT Governance & Security Management

  • Persyaratan:

    • Minimal Jurusan S1 Teknik Informatika, Teknik Komputer, atau jurusan lain yang relevan.

    • Pengalaman minimal 5 tahun sebagai Senior IT Governance & Security Management atau 1 tahun di posisi yang sama.

    • Memiliki pengetahuan yang dalam terkait dengan audit internal dan eksternal.

    • Memiliki pengetahuan yang dalam terkait dengan audit ITGC.

    • Memiliki keterampilan dalam membuat workflow dan Proses Bisnis Perusahaan.

  • Deskripsi Pekerjaan:

    • Implementasi dan monitoring ITGC.

    • Mendukung audit serta kepatuhan keamanan TI.

    • Menjadi QMR untuk ISO 27001:2013, dan melaporkan evaluasi sistem manajemen mutu kepada manajemen.

4. Executive Center of Excellence (AI&ML Presales)

  • Persyaratan:

    • Memiliki business acumen yang baik.

    • Memiliki pemahaman terkait dengan teknologi AI, Automation & Analytics.

    • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik di internal dan eksternal.

    • Memiliki kemampuan Consultative Skill.

    • Memiliki kemampuan dalam problem solving dan design solution.

  • Deskripsi Pekerjaan:

    • Melakukan assessment terhadap kondisi pelanggan saat ini.

    • Membuat Design AI Solution dan kajian Expected Business Impact dari setiap use case untuk klien/calon klien.

    • Membuat Technical Requirement untuk proses AI Development serta memastikan output dari development sesuai dengan design.

5. Senior Project Manager

  • Persyaratan:

    • Lulusan S1.

    • Memiliki pengalaman minimal 3 tahun sebagai project manager.

    • Memiliki pemahaman/background terkait IT lebih diutamakan.

    • Memiliki riwayat training/sertifikasi yang relevan lebih disukai.

    • Memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi dengan klien.

    • Bisa bekerja secara mandiri maupun tim.

  • Deskripsi Pekerjaan:

    • Perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian proyek mulai dari penyusunan anggaran, tim, dan jadwal.

    • Memimpin serta memotivasi stakeholder, mengelola risiko dan perubahan.

    • Memantau kemajuan agar sesuai target dan anggaran.

    • Melaporkan hasil kepada manajemen dan klien, serta mengevaluasi keberhasilan untuk perbaikan proyek berikutnya.

6. Product Technology Architecture

  • Persyaratan:

    • Pengalaman 3-6 tahun di bidang infrastruktur cloud, DevOps, atau pengembangan sistem berbasis microservices.

    • Menguasai konsep Enterprise Architecture, Cloud-Native Architecture, dan Enterprise Integration Pattern.

    • Mampu mendesain dan mengintegrasikan sistem di berbagai platform cloud (GCP, Tencent Cloud, atau hybrid).

    • Mampu mendesain API-first architecture, menggunakan message broker (Kafka, Pub/Sub), dan melakukan microservice orchestration.

    • Berpengalaman mengelola CI/CD pipeline dan deployment multi-environment dengan automation tools (Jenkins, GitLab CI, Terraform).

    • Berpengalaman membuat architecture review document (HLD/LLD).

    • Mampu melakukan analisis total cost of ownership (TCO), optimasi resource, serta rekomendasi efisiensi biaya cloud.

  • Deskripsi Pekerjaan:

    • Bertanggung jawab penuh dalam mendesain arsitektur sistem dan Application cloud yang scalable, secure, dan cost-efficient.

    • Melakukan analisis mendalam atas kebutuhan sistem dan menyusunnya menjadi desain arsitektur komprehensif lintas domain.

7. Backend Developer

  • Persyaratan:

    • Pendidikan minimal S1 dari jurusan yang relevan.

    • Menguasai minimal satu bahasa backend (Node.js/NestJS atau Go/Gin).

    • Familiar dengan database SQL, ORM, dan optimasi query.

    • Mengerti arsitektur aplikasi skala besar (microservices, event-driven).

    • Berpengalaman dengan Docker, Kubernetes, dan CI/CD pipeline.

    • Memahami standar keamanan aplikasi (JWT, OAuth2, OWASP Top 10).

    • Komunikatif, mampu bekerja di bawah tekanan, dan terbiasa dengan lingkungan agile.

  • Deskripsi Pekerjaan:

    • Mengembangkan dan memelihara layanan backend.

    • Mendesain dan mengoptimalkan database (PostgreSQL/MySQL) serta ORM.

    • Membuat REST API dan API real-time, serta merancang arsitektur microservices dengan integrasi message broker seperti RabbitMQ dan Kafka.

    • Menerapkan containerization (Docker), orchestration (Kubernetes), dan CI/CD pipeline.

    • Memastikan keamanan sistem dengan JWT, OAuth2, dan API security.

    • Melakukan testing dan menjaga kualitas kode menggunakan tools seperti SonarQube dan ESLint.

8. Junior Officer Center of Value (Junior Data Scientist)

  • Persyaratan:

    • Minimal S1 Jurusan Data Science, Statistics atau Bidang Terkait.

    • Pengalaman 2 Tahun di Peran Analisis & Problem Solving.

    • Pemahaman Proses Bisnis & Kemampuan untuk formulasi kerangka untuk Evaluasi Performansi & Dampak Bisnis.

    • Menguasai Tools Data: SQL untuk Data Management, R atau Python (Data Processing & Modelling) & Data Visualization Tools (Power BI / Tablue).

    • Kemampuan Komunikasi (Verbal & Visual), termasuk kemampuan untuk mendeskripsikan konsep teknis yang kompleks kepada Stakeholder Non Teknis.

  • Deskripsi Pekerjaan:

    • Evaluasi Performansi & Dampak Bisnis AI.

    • Melakukan Business Understanding, Data Preparation, Data Processing & Modelling.

    • Melakukan Presentation & Consulting, Memberikan Rekomendasi & Presentasi.

    • Pembuatan Konsep Solusi Analytics meliputi Discovery, Formulate, Presentation & Consulting.

9. Junior Officer Revenue, Cost Control & Budgeting

  • Persyaratan:

    • S1 Keuangan/ Manajemen/ Akuntansi/ Teknik Industri ataupun ilmu lain yang terkait.

    • Fresh Graduate/Minimal 1 tahun di posisi yang sama.

    • Memiliki pengetahuan terkait dengan proses Revenue.

    • Memiliki pengetahuan terkait dengan Accounting.

    • Memiliki keterampilan dan interpersonal yang kuat.

    • Kemampuan komunikasi yang baik.

    • Mampu mengoperasikan Microsoft Office minimal Word, Excel & Power Point.

  • Deskripsi Pekerjaan:

    • Pengelolaan hubungan klien dan identifikasi peluang bisnis.

    • Penyusunan presentasi dan negosiasi.

    • Penguasaan produk, pemantauan kinerja akun.

    • Pelaporan ke manajemen, pembimbingan tim junior, serta koordinasi lintas tim pusat dan regional.