pt jasa raharja

PT Jasa Raharja

PT Jasa Raharja adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengemban amanah khusus dari pemerintah untuk memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat melalui dua program asuransi sosial. Sebagai bagian dari Holding BUMN Perasuransian dan Penjaminan, Indonesia Financial Group (IFG), Jasa Raharja memiliki peran vital dalam jaring pengaman sosial di Indonesia. Program utamanya adalah Asuransi Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Umum dan Asuransi Tanggung Jawab Menurut Hukum Terhadap Pihak Ketiga, yang dananya dihimpun dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan oleh pemilik kendaraan bermotor setiap tahunnya.

Misi utama Jasa Raharja bersifat sosial, yaitu memberikan santunan kepada korban atau ahli waris korban kecelakaan lalu lintas, baik di darat, laut, maupun udara. Dengan prinsip pelayanan PRIMA (Proaktif, Ramah, Ikhlas, Mudah, dan Andal), perusahaan ini memastikan bahwa proses klaim dapat berjalan dengan cepat dan sederhana, sehingga dapat meringankan beban yang diderita oleh korban dan keluarganya. Dengan jaringan pelayanan yang tersebar luas di seluruh Indonesia, seringkali terintegrasi dalam kantor SAMSAT, Jasa Raharja menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Melalui program pemagangan Langkah Bakti Jasa Raharja (LBJR), perusahaan juga menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan sumber daya manusia lokal yang terampil dan siap kerja.

Saat ini, PT Jasa Raharja membuka program pemagangan Langkah Bakti Jasa Raharja (LBJR) 2025.

Program Pemagangan Langkah Bakti Jasa Raharja (LBJR) 2025

Program ini dibuka untuk posisi Petugas Administrasi di empat bidang berbeda, yaitu:

  • LBJR Bidang Samsat
  • LBJR Bidang Pelayanan
  • LBJR Bidang Sekretariat
  • LBJR Bidang Umum

Persyaratan Umum:

  • Putra atau putri daerah dan berdomisili di wilayah Kantor Cabang setempat (dibuktikan dengan KTP).
  • Tidak memiliki orang tua dan/atau saudara kandung yang masih aktif bekerja di PT Jasa Raharja.
  • Lulusan dari jenjang pendidikan SMA / sederajat, Diploma, atau S1 segala jurusan.
  • Menguasai operasional komputer (minimal Microsoft Word dan Microsoft Excel).

Kelengkapan Administrasi: Pelamar wajib menyiapkan dokumen-dokumen berikut:

  • Curriculum Vitae (CV)
  • KTP atau SIM
  • Ijazah pendidikan formal terakhir
  • Transkrip Nilai (untuk lulusan D3/S1) atau Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah (untuk lulusan SMA/sederajat)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Pas Foto Terbaru & Foto Seluruh Badan
  • Surat Pernyataan tidak memiliki orang tua/saudara kandung yang bekerja di Jasa Raharja
  • Dokumen pendukung lainnya (sertifikat, piagam penghargaan, dll jika ada)

Tahapan Seleksi:

  • Seleksi Administrasi: 21 Juli – 24 Juli 2025
  • Tes Potensi Akademik dan Psikologi: 04 Agustus – 22 Agustus 2025
  • Wawancara Internal Perusahaan: 01 September – 04 September 2025
  • Tes Kesehatan: 01 September – 04 September 2025